• (021) 50812002 ext. 530
  • jurnalisindonesiasatu@gmail.com
img

Universitas Muhammadiyah Surakarta Jadi PTS Peraih Dana Hibah PKM-KT Kemendikbud Terbanyak

Apr 7, 2021 - 17:07 RESEARCH

SURAKARTA - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memperoleh dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini. Karya mahasiswa UMS yang mendapatkan dana hibah riset dari Kemendikbud ada 15 PKM-KT.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMS, Taufik Kasturi, mengatakan, ada 15 PKM KT dari UMS yang berhasil mendapat dana hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Dengan jumlah tersebut, UMS menempatkan posisi sebagai Perguruan Tinggi peringkat keempat PTN-PTS se-Indonesia, sekaligus sebagai Perguruan Tinggi Swasta peraih insentif PKM-KT paling banyak se-Indonesia, " kata Taufik seperti tertulis dalam siaran pers, Ahad (26/7).

Para penerima dana hibah Kemendikbud itu diumumkan pada Jumat (24/7) melalui laman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman-insentif-pkm-kt-gfk-tahun-2020/.   

Urutan 10 besar perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang hasil PKM-nya menerima dana hibah dari Kemendikbud, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), UMS, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Koordinator tim pusat PKM UMS, Ahmad Kholid Alghofari, menjelaskan, PKM Karya Tulis merupakan salah satu skema Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemendikbud yang terdiri dari tiga jenis, yaitu PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK). 

Ahmad Kholid menambahkan, PKM yang didanai dari UMS semuanya merupakan PKM AI. Dalam pelaksanaan PKM-KT, UMS melakukan penyaringan yang ketat untuk proses seleksi proposal yang diajukan ke Kemendikbud. Awalnya ada 402 judul proposal yang masuk ke universitas. Selanjutnya diseleksi dan hanya terpilih 161 proposal yang lolos seleksi universitas.

"Alhamdulillah dari proposal yang diajukan tersebut yang lolos didanai sebanyak 15 judul. Dan ini merupakan pencapaian terbaik dalam lima tahun terakhir PKM-KT. Semoga ke 15 tim tersebut bisa mendulang emas di Pimnas mendatang, " kata Ahmad Kholid.(republika.co.id)

Share Links

Search